Minggu, 09 Januari 2011

Tugas 1

Tugas I

Nama : Doni Jaya Budiman
NPM : 32110139
Kelas : 1DB21

A. Pengertian Manajemen :


1. Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Merupakan suatu proses karena ada titik awal yang dilakukan sampai hal yang dimaksud terselesaikan. Dapat juga dikatakan bahwa manajemen adalah sebagai kesatuan proses.


2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia, merupakan suatu kumpulan dari orang – orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Jadi, bukan sembarang kolektivitas atau kumpulan orang – orang, melainkan kumpulan orang yang saling bekerja sama atas satu tujuan yang ingin dicapai.


3. Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art), melihat bagaimana aktivitas manajemen di hubungkan dengan prinsip – prinsip manajemen. Sebagai ilmu karena dapat dipelajari. Sebagai seni karena membutuhkan perasaan yang peka dalam suatu pengambilan keputusan yang tepat. Perasaan ini akan semakin terasah dengan akumulasi dari pengalaman manajemen orang tersebut.


B. Manajemen dibagi menjadi tiga golongan :


1. Manajemen lini atau manajemen tingkat pertama, yaitu tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain, contohnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset dan lain sebagainya. Pada tingkatan ini manajer berhubungan langsung dengan bawahan.


2. Midle manager (manajemen menengah) yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi. Dikatakan demikian karena manajer menengah juga bertugas mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan – kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya kepala bagian yang membawahi kepala seksi, kepala devisi, dan lain sebagainya, hal ini sering disebut rangkap jabatan.


3. Manajemen puncak (Top manager), terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasi dengan lingkungannya. Contohnya presiden direktur, wakil direktur, sekertaris perusahaan, kepala perwakilan dan sebagainya.


C. Tiga aliran manajemen, yaitu :


1. Aliran klasik. Yaitu:

~Manajemen ilmiah, di populerkan oleh Frederick winslow taylor dalam bukunya yang berjudul principles of scientific management pada tahun 1911. Dalam bukunya itu, Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah adalah “penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan”.

~Teori organisasi klasik (teori administratif), mengenai apa yang dilakukan oleh para manajer dan bagaimana cara membentuk praktik manajemen yang baik. Awal abad ke-20, seorang industrian Perancis bernama Henry Fayol mengajukan gagasan lima fungsi utama manajemen yang terdiri dari merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.


2. Aliran perilaku (era manusia social) yang ditandai dengan lahirnya mahzab perilaku (behavioral school). Katalis utama dari kelahiran mahzab perilaku adalah serangkaian studi penelitian yang dikenal sebagai eksperimen Hawthrone. Eksperimen hawthrone dilakukan pada tahun 1920-an hingga 1930-an di pabrik Hawthrone milik Western Electric Company Works di Cicero, Illenos.


3. Aliran ilmu manajemen / sains manajemen teori kuantitatif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik, model optimasi, model informasi, atau simulasi komputer untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Pelopornya adalah sekelompok perwira militer yang di juluki “Whiz Kids”. Kemudian para perwira yang bergabung dengan Ford Motor Company (1940-an) ini menggunakan metode statistik dan model kuantitatif untuk memperbaiki pengambilan keputusan di Ford.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih sudah sharing, silahkan kunjungi Visit Us

    BalasHapus