Rabu, 17 November 2010

Fungsi-fungsi manajemen (Lanjutan)

Fungsi-fungsi manajemen

**Leading, yaitu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Leading, meliputi lima macam kegiatan :

a. Mengambil keputusan
b. Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajaer dan bawahan
c. Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya bertindak
d. Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar lebih terampil dalam usaha mencapai tujuan yang sudah ditetapkan

**Coordinating, merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, menyatukan, menyelaraskan, sehingga terdapat kerjasama yang terarah.

**Motivating, berupa pemberian inspirasi, semangat, dan dorongan kepada bawahan, ditujukan agar mereka lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugas, hal ini tentu akan meningkatkan daya guna dan berhasil guna.

**Controlling, atau pengawasan sering juga disebut pengendalian adalah fungsi manajemen dalam melakukan penilaian, bila perlu mengadakan beberapa koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar. Meliputi pemeriksaan, mencocokkan serta mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

**Reporting, berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan, dalam bentuk keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas secara lisan maupun tertulis, sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.

Sumber Buku : "Dasar-dasar Manajemen Drs. M. Manullang Universitas Gadjah Mada University Press" Halaman 8-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar