Rabu, 17 November 2010

Fungsi-fungsi manajemen

Fungsi-fungsi manajemen

Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakkannya pendapat beberapa penulis sebagai berikut, sebenarnya ada tiga belas pendapat. Sebagai perwakilan, dibawah ini hanya akan disebutkan tiga orang saja, yaitu:

a. Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling
b. Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating ,Controlling
c. Dr. Winardi, S. E : Planning, Organizing, Coordinating , Actuating, Leading, Communication, Controlling

Bila dikombinasikan pendapat ketiga belas penulis diatas, maka pada hakikatnya fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut :

a. Forecasting
b. Planning termasuk budgeting
c. Organizing
d. Staffing atau assembling resources
e. Directing atau commanding
f. Leading
g. Coordinating
h. Motivating
i. Controlling
j. Reporting

**Forecasting (Kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan).

**Planning termasuk bugeting (Perencanaan, meliputi hal sederhana sampai perumusan yang rumit). Untuk budgeting yaitu menetapkan ikhtisar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dar rangkaian tindakan yang akan dilakukan.

**Organizing (Dengan maksud mengelompokkan kegiatan yang diperlukan, yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada pad organisasi). Serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antar masing-masing unit.

**Staffing dan assembling resources. Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan peersonalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi. Organizing dan Staffing merupakan dua fungsi manajemen yang sangat erat hubungannya.

**Directing dan commanding. Fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran , perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapt dilaksanakan dengan baik dan benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

Penjelasan untuk poin Leading, Coordinating, Motivating, Controlling, Reporting akn dibahas pada postingan berikutnya (Fungsi manajemen lanjutan).


Sumber Buku : "Dasar-dasar Manajemen Drs. M. Manullang Universitas Gadjah Mada University Press"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar