Kamis, 30 Desember 2010

Arti Manajemen

Dalam mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian. Pertama, manajemen sebagai suatu proses. kedua, manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Dan ketiga, manajemen sebagai suatu seni(art) dan sebagai suatu ilmu.
Dalam Encyclopedia of the special Sciens, manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertenttu diselenggarakan dan diawasi. Selanjutnya Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan orang lain.
Dari ketiga definisi diatas, maka akan segera tampak bahwa ada tiga pokok penting dalam definisi-definisi tersebut. Pertama yaitu, adanya tujuan yang ingin dicapai.
Kedua, tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan-kegiatan orang lain. Dan yang ketiga adalah kegiatan-kegiatan orang lain tersebut haruslah dibimbing dan diawasi.
Apakah yang dimaksud dengan aktivitas manajemen? Aktivitas manjemen adalah kegiatan-kegiatan atau fungsi-fungsi yang dilakukan oleh setiap manajer.
Kegiatan itu meliputi :

*Organizing
*Staffing
*Directing
*Controlling

Ini sering disebut dengan istilah proses manjemen, fungsi-fungsi manjemen, bahkan ada yang menyebutnya unsure-unsur manajemen.

Sumber(Buku): "Dasar-dasar MANAJEMEN Gadjah Mada University Press"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar