Kamis, 30 Desember 2010

Pengertian MSDM

Pengertian MSDM

MSDM terdiri atas dua pengertian utama, yaitu :
Manajemen , dan Sumber Daya Manusia (SDM)
1. Manajemen artinya mengurus, mengatur, melaksanakan, dan mengelola.
2. Sumber Daya Manusai (SDM) merupakan salah satu sumber daya yang terdapat di dalam organisasi,
meliputi semua orang yang melakukan aktifitas.
Secara umum sumber daya yang terdapat di dalam organisasi dapat dikelompokkan menjadi :
1. Sumber daya manusia (human resource)
2. Sumber daya non-manusia (non-human resources) meliputi modal, mesin, teknologi, bahan mentah (material) dan lain-lain.

Jadi, secara sederhana pengertian MSDM adalah mengelola sumber daya manusia. Dari keseluruhan sumber daya yang tersedia dalam suatu organisasi, baik organisasi publik maupun swasta, sumber daya manusia lah yang paling penting dan sangat menentukan. Satu-satunya sumber daya yang memiliki ratio, rasa, dan karsa.

Betapapun majunya teknologi, berkembangnya informasi, tersedianya modal, dan memadainya bahan, namun jika jika tanpa sumber daya manusia maka akan sulit bagi suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

MSDM timbul sebaagai masalah baru pada tahun 1960-an. Sebelum itu, kurang lebih pada tahun 1940-an yang mendominasi adalah manajemen personalia. Diantara keduanya jelas ada perbedaan didalam ruang lingkup dan tingkatannya. MSDM mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pembinaan, penggunaan, dan perlindungan  sumber daya manusia ; sedangkan manajemen personalia lebih banyak berkaitan dengan sumber daya manusia yang berada di dalam perusahaan-perusahaan. Tugas manajemen persoanalia adalah mempelajari dan mengembangkan cara-cara agar manusia dapat secara efektif diintegrasikan ke dalam berbagai organisasi guna mencapai tujuan-tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar