Kamis, 30 Desember 2010

Bagaimana Manajer Merencanakan?

Bagaimana Manajer Merencanakan?

Elemen Perencanaan

1.Sasaran (juga Tujuan)
Hasil yang diinginkan oleh individu, kelompok, atau organisasi secara keseluruhan

2.Memberikan arahan dan evaluasi kriteria kinerja

3.Rencana
Dokumen yang merangkum cara mencapai sasaran
Menggambarkan alokasi sumber daya, dan penyusunan jadwal serta tindakan lain yang diperlukan untuk mencapai sasaran

Tipe-tipe Sasaran

1.Sasaran Keuangan
Berkaitan dengan kinerja keuangan internal yang diharapkan organisasi.

2.Sasaran Strategis
Berkaitan dengan kinerja dari perusahaan relatif terhadap faktor lingkungan eksternal (misal : pesaing).

3.Sasaran ditetapkan versus Sasaran Ril (nyata)
Pernyataan resmi mengenai apa yang dikatakan oleh organisasi (untuk konsumsi publik) yang mungkin tidak relevan dengan rencana ril-nya (apa yang sebenarnya terjadi di organisasi).

Tipe-tipe Rencana

1. Strategic Plans
-Berlaku untuk seluruh organisasi.
-Merupakan sasaran organisasi secara keseluruhan.
-Menempatkan posisi organisasi terhadap lingkungannya.
-Meliputi jangka waktu yang lama.

2. Rencana Operasional
-Rencana detail yang memerinci bagaimana cara mencapai sasaran tersebut.
-Meliputi jangka waktu yang pendek

3. Rencana Jangka Panjang
-Rencana dengan jangka waktu lebih dari tiga tahun

4. Rencana Jangka Pendek
-Rencana dengan jangka waktu satu tahun atau kurang

5. Rencana Spesifik/Pemerinci
-Rencana yang mempunyai sasaran yang didefinisikan dengan jelas dan tidak memberi ruang untuk penafsiran lain

6. Rencana Pengarah
-Rencana yang fleksibel yang menjadi pedoman umum, memberikan fokus, tetapi memberikan keleluasaan dalam implementasi

7. Rencana sekali pakai
-Rencana sekali pakai yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan unik atau situasi yang khusus.


8. Rencana terus menerus
-Rencana yang berkesinambungan yang menjadi pedoman untuk kegiatan yang berulang-ulang.


Sumber : "Stephen P robbins Marry coulter 8th edition"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar