Kamis, 30 Desember 2010

PENGAMBILAN KEPUTUSAN : HAKIKAT PEKERJAAN MANAJER

PENGAMBILAN KEPUTUSAN : HAKIKAT PEKERJAAN MANAJER

Keputusan : Membuat sebuah pilihan dari dua alternatif atau lebih.














Proses pengambilan keputusan :
1.Identifikasi masalah dan kriteria keputusan serta mengalokasikan bobot kepada kiriteria tsb.
2.Mengembangkan, menganalisis dan menyeleksi sebuah alternatif yang dapat memecahkan masalah.
3.Implementasikan alternatif yang terpilih.
4.Evaluasi efektivitas keputusan.

Pertimbangan dalam membuat keputusan :

1.Rasionalitas
Manager membuat pilihan yang konsisten dan memaksimalkan nilai dengan kendala tertentu.
2.Asumsi bahwa pengambil keputusan :
rasional, objektif, dan logis.
3.Mendefinisikan masalah dengan hati-hati dan mengidentifikasi seluruh alternatif yang mungkin.
4.Memiliki sasaran yang jelas dan tertentu
Akan memilih alternatif yang memaksimalkan hasil untuk kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadinya.


Masalah dan keputusan :

1. Masalah yang terstruktur
-Memiliki tujuan yang jelas.
Sudah dikenal (sudah pernah terjadi sebelumnya).
-Mudah didefinisikan – informasi tentang masalah tersebut tersedia dan lengkap

2. Keputusan yang terprogram
-Keputusan berulang yang dapat ditangani dengan pendekatan yang rutin.

3. Masalah tidak terstruktur
-Masalah yang baru atau tidak biasa dan informasi bermakna ganda atau tidak lengkap.
-Masalah yang memerlukan solusi yang khusus.

4. Keputusan tidak terprogram
-Keputusan yang unik dan tidak berulang
-Keputusan yang membutuhkan respon/solusi yang unik.















Sumber : "Stephen P robbins Marry coulter 8th edition"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar